TopBottom

What's New ?



About Me

Gambar

Gambar
Asp Xboymen

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
Browse: Home / STMIK AKAKOM - Sejarah, Penyelenggara & Program Studi Di STMIK AKAKOM

STMIK AKAKOM - Sejarah, Penyelenggara & Program Studi Di STMIK AKAKOM

Posted by Unknown at Saturday 7 September 2013
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

 

 

 

 

 

 

Sejarah

Dalam abad ke-20 ini dunia banyak diwarnai dengan berbagai kemajuan secara menakjubkan yang telah dicapai oleh umat manusia, baik di bidang ilmu maupun teknologi. Menanggapi kondisi zaman seperti tersebut di atas, maka pada tanggal 30 Juni 1979 didirikan sebuah yayasan dengan nama Yayasan Pendidikan Widya Bakti, yang bertujuan mengembangkan dan menyebarluaskan informatika dan teknologi komputer di kalangan masyarakat Indonesia melalui usaha pendidikan yang sistematis dan ilmiah. Maka, sejak 30 Juni 1979 di kota Yogyakarta, didirikan sebuah akademi yang bernama Akademi Aplikasi Komputer, disingkat AKAKOM.
Terhitung mulai 1 Maret 1983, Akademi Aplikasi Komputer (AKAKOM), diubah menjadi Akademi Komputer dan Informatika AKAKOM. Selanjutnya, terhitung mulai tanggal 2 Mei 1985, nama Akademi Komputer dan Informatika AKAKOM diubah dan dibakukan menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM.
Agar lembaga tersebut mampu menghasilkan tenaga-tenaga profesional maupun akademik yang lebih berbobot dalam bidang informatika dan komputer, maka sejak tanggal 8 Juni 1992, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 262/DIKTI/Kep/1992, AMIK AKAKOM diubah bentuknya menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AKAKOM dengan status terdaftar bagi program sarjana dan status diakui bagi program diploma.



Penyelenggara

 

Untuk dapat mencapai tujuan pendidikan tinggi seperti yang dicita-citakan, maka penyelenggara dan pengelolaan STMIK AKAKOM dilaksanakan oleh organisasi penyelenggara yang kegiatannya berpedoman kepada statuta STMIK AKAKOM, yang disusun berdasarkan falsafah Pancasila, UUD 1945, selanjutnya juga mengacu kepada UU no. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, serta PP no. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. Di dalam statuta juga dicantumkan ketentuan yang mengatur hubungan kerja, keterkaitan, kewenangan, tugas serta kewajiban di antar pendiri, penyelenggara, penyantun, pengelola dan unsur-unsur perguruan tinggi yang lain.
Yayasan Pendidikan Widya Bakti adalah pendiri dan penyelenggara STMIK AKAKOM Yogyakarta. Yayasan merupakan pemegang wewenang dan kekuasaan tertinggi dalam penyelenggaraan Sekolah Tinggi. Yayasan membentuk Badan Pelaksana Harian (BPH) yang membantu melaksanakan tugas serhari-hari pengurus yayasan sebagai yang tercantum di dalam AD dan ART yayasan.
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM Yogyakarta yang menyelenggarakan dan mengelola Tri Darma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dipimpin oleh ketua dan dibantu oleh empat orang pembantu ketua. Ketua STMIK AKAKOM diangkat dan diberhentikan oleh Pengurus Y.P.W.B. atas usul atau denga persetujuan Senat Sekolah Tinggi.
Dewan Penyantun Sekolah Tinggi yang terdiri dari tokoh masyarakat diadakan untuk ikut mengasuh dan membantu memecahkan permasalahan perguruan tinggi.
Senat Sekolah Tinggi yang merupakan sebuah badan normatif dan perwakilan tertinggi dalam lingkungan Sekolah Tinggi, di samping mempunyai fungsi untuk mendampingi Kedua dalam menjalankan tugasnya selaku pimpinan Sekolah Tinggi juga memiliki tugas pokok Senat Sekolah Tinggi seperti merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan Sekolah Tinggi, merumuskan norma serta tolok ukur pelaksanaan penyelenggaraan Sekolah Tinggi, memberikan berbagai pertimbangan kepada penyelenggara Sekolah Tinggi dan menegakkan norma-norma yang berlaku bagi sivitas akaemika. Struktur organisai dan personalia, yayasan, dewan penyantun, dan unsur-unsur penyelenggara Sekolah Tinggi dapat dilihat di link Struktur Organisasi.



Program studi

 

 

STMIK AKAKOM Yogyakarta memiliki jurusan-jurusan sebagai berikut:
  • Jenjang Strata Satu (S1):
    • Teknik Informatika (Terakreditasi B)
    • Sistem Informasi (Terakreditasi B)
  • Jenjang Diploma Tiga (D3):
    • Manajemen Informatika (Terakreditasi B)
    • Teknik Komputer (Terakreditasi C), dan
    • Komputerisasi Akuntansi (Terakreditasi B)


Untuk mengunjungi website resmi STMIK AKAKOM, silahkan klik di sini STMIK AKAKOM

 

 

 

 

Labels:

1 comments:

sri murtini said...Pada Tanggal 8 August 2016 at 08:09  

waah sangat menarik dan juga keren sekali.. terimakasih ats informasinya
st3telkom

Ayo Jangan sungkan-Sungkan Berkomentar Dikotak Bawah Ini Tapi Yang Sopan Ya No Sara-No Spam-No Anarch.Salam Spektakuler Semuanya!!!