TopBottom

What's New ?



About Me

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
Browse: Home / Cara Mendapatkan Nilai IP Tinggi Saat Kuliah

Cara Mendapatkan Nilai IP Tinggi Saat Kuliah

Posted by Siput Grandonx at Tuesday, 7 January 2014
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

 
 
 
 
Well, IP itu singkatan dari Indeks  Prestasi yang merupakan salah satu alat ukur prestasi di bidang akademik/pendidikan sobat di perguruan tinggi. Jenjangnya itu antara 0,00-4,00 makanya IP atau IPK paling tinggi itu 4,00. Kalo IPK itu singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif yang merupakan gabungan dari jumlah IP secara keseluruhan dibagi semester yang uda dijalanin. Misalnya nih kita dapat IP 3,6 semester 1 trus semster 2 dapat 3,5 nah tinggal jumlah tuh (3,6 + 3,5) / 2 semester = 3,55 berarti IPK sobat 3,55 gitu seterusnya sampe sobat ntar wisuda (paling cepat 8 semester untuk S1) berarti kumpulin tuh IP dari semster 1 sampe semester 8 dibagi 8 and itulah nanti yang jadi nilai akhir di Ijazah sobat.
Anyway terkait dengan IP Cum Laude yang artinya "Dengan Pujian", siapa sih yang ga pengen dapat IP tinggi alias IP Cum Laude (ada juga yang ga tau nulisnya dibilangnya IP KUMLAUT heheheh) pasti donk semua pengen apa lagi buat yang emang dari skul uda juara kelas wah pastinya ngejar IPK tinggi (kayak aku haha). kategori nilai untuk IP/IPK Cum Laude itu adalah 3,51-4,00
Btw nih sekilas info cuma mau bilang kalo pemberian standar nilai di setiap universitas atau perguruan tinggi itu beda-beda loh ada universitas yang dengan rentang nilai 85-100 dapat A, ada yang harus nilai 90-100 baru bisa dapat A, ada yang kalo nilai 80 dapat AB n soon tapi basically ga jauh-jauh beda jaraknya. Kalo di Universitasku sobat di UNIMED ngasi standar nilai yang lumayan tinggi loh, harus nilai 90-100 baru bisa dapat A (tinggi kan hehhee) di Unimed ga berlaku AB yang ada tu cuma A,B,C and E (E artinya ga lulus harus ngulang lagi)
Sebenarnya IPK itu bukan lah suatu yang absolut untuk menentukan apakah seseorang itu pintar atau ga tapi paling tidak kan bisa jadi indikator menilai kemampuan yang diperoleh selama beberapa semester di bangku perkuliahan. Sebagian besar berpikir "masa bodo" dengan IPK pada hal menurutku pribadi IPK itu very important,,dari semenjak aku sekolah aku selalu berusaha mendapatkan nilai yang tinggi pastinya dengan belajar keras dan bekerja keras. Itu yang jadi tolak ukur buatku untuk selalu melaju lebih baik n lebih baik lagi tentunya dengan rajin belajar.
Lantas bagaimana caranya mendapatkan IPK tinggi atau IPK Cum Laude????
Dipostingan kali ini aku hanya berbagi aja sesuai dengan pengalaman ku dan juga pengalaman teman-temanku yang lain yang Cum Laude juga IPK nya :) boleh di praktekin apalagi buat sobat yang baru duduk dibangku perguruan tinggi.
Yang paling utama dari yang utama yang harus sobat Shantycr7 lakukan adalah dengan "berdoa". Biasakan dalam melakukan segala sesuatu itu dengan doa, kekuatan doa itu luar biasa loh,.,uda tau donk pastinya kata-kata yang sering kita dengar bekerja sambil berdoa, maka mintalah segala keperluanmu sama Tuhan, serahkan segala kekhawatiranmu pada-Nya :)
Tapi apa gunanya jika kita hanya berdoa dan bedoa aja tanpa ada usaha, Tuhan juga ga menyukai orang-orang yang malas,.,.makanya aku ada tips nih yang bisa sobat praktekkan sesuai dengan pengalamanku cos experience is the best teacher ever :)

1. Sejak awal kuliah usahakan HARUS bisa IP tinggi. it's a must because it's beginning from the start guys. Yups semua berawal dari dasar. Bangun fondasi yang kuat dengan berusaha dapet nilai tinggi di awal karena ini amat berdampak pada the next IP khususnya IPK...bayangin aja kalo sobat IP semester 1 and 2 aja uda 2,5 maka dapat IP 3,5 pun disemester selanjutnya kan bakal ga Cum Laude juga atau hasilnya ga maksimal (buat yang uda terlanjur IP dibawah 3 semster awal yah gpp juga sih sekarang tinggal berusaha sekeras mungkin buat ngejar IP tinggi disisa semester)
2. Kumpulin tugas tepat waktu. Ini penting sobat, kalo ada tugas yang suru kerjai yah kerjai sendiri "jangan nyontek" kalopun kerja sama ya harus tau bagaimana kok bisa hasilnya begitu jangan hanya mengandalkan orang lain tanpa mengetahui isi dari tugas itu. Kalo pun sobat nyontek atau mengandalkan hasil kerjaan orang lain ketahui mengapa jawabannya begitu atau tanya langsung orangnya (kalo dia jawab gini: "uda nyontek banyak nanya lagi" heheheh itu artinya sobat emang harus mikir sendiri, makanya belajar ahaha)
3. Aktif dikelas. IT'S A VERY MUST. ini kuncinya sobat..,,ampuh nih kalo menurut ku. Menurutku yah sepintar apapun orang kalo diemmmmmm aja di kelas ga aktif gitu dalam pembelajaran di kelas ya sama aja kan jadi look like a foolish juga, makanya harus aktif. Caranya bagaimana? misalnya kan dosen sering tuh (hampir setiap pertemuan) nanya tuh "ada pertanyaan"??? nah kesempatan tuh tanyakan apa yang belum sobat ngerti, kalo emang uda menguasai materinya tanyakan isu terkait dengan materi (pasti ada) yang sifatnya itu constructivism. Wah tu dosen pasti senang ditanya. JANGAN PERNAH MALU/TAKUT UNTUK BERTANYA. Kebanyakan mahasiswa takut untuk bertanya, takut kalo pertanyaannya salah, takut kalo pertanyaannya pertanyaan yang gampang banget sehingga masuk kategori "stupid question" dll, duh sobat aku bilangin nih yah jangan pernah berpikir begitu. Memang ada sebagian dosen yang mengucilkan mahasiswanya kalo pertanyaannya "stupid question" tapi tu jarang banget sangat jarang malah trust me cobain deh pasti ga diapa-apain kalo nanya.
Nah untuk masalah nanya-nanya nih aku ada tips untuk bertanya sama dosen yaitu sobat harus menguasai materinya dulu dari rumah trus buat daftar pertanyaan, pilih dari daftar pertanyaan sobat itu mana kira-kira pertanyaan yang layak untuk ditanyakan. Easy kan???

4. Selalu duduk ditempat duduk paling depan. Ingat nih sobat posisi menentukan prestasi. Terbukti nih dari aku SD sampe sekarang uda mau tamat kuliah selalu duduk depan paling depan malah. Jangan takut duduk di kursi/bangku paling depan apalagi buat mahasiswa baru aduhh hari gini masih takut-takut??? uda ga zaman takut duduk depan. Berdasarkan survey kecil-kecilan yang kulakukan terhadap beberapa orang, sebagian besar diantaranya mengatakan kalo duduk dikursi paling depan itu "ngeri" n "menakutkan" karena takut entar ditanyai yang macem-macem trus ga tau jawab malu deh,.,.hadohh mahasiswa kok mikirnya begitu,,,capek deh,.,kapan pintarnya,..well emang sobat "orang yang duduknya di kursi paling depan ga jaminan bakal dapat IPK tinggi" tapi kan SETIDAKNYA ada usaha kecil untuk mendekati tujuan kita tadi,.,jangan menyepelekan hal-hal kecil. Lagian dengan duuk di kursi paling depan sudah pasti lebih konsen mendengarkan dosen memberikan materi, kita ga terganggu dengan teman yang biasanya ribut dikursi belakang and lebih konsen deh karena pandangan kita lebih terpusat kedepan, apalagi buat yang pendek-pendek nih kayak aku hehhee usahakan pilih tempat duduk paling depan ya paling nggk kursi nomor 2 boleh lah :)
5. Kerjain apa yang disuruh dosen. Ketahui kira-kira apa yang disukai setiap dosen mata kuliah sobat terhadap mahasiswa. kalo bapa/ibu itu suka mahasiswa yang duduknya selalu didepan yah duduk selalu di depan (makanya cepat datang), ada dosen yang lebih liat mahasiswa dari segi penampilan (rapi, pakai rok buat yang cewek dll) macem-macem deh tinggal pintar-pintarnya sobat mengetahui apa yang disukai beliau dari mahasiswa
6. Beberapa hari/sehari sebelum masuk kuliah, pelajari dan bahas tuh materi mata kuliah. Tujuannya supaya waktu pembelajaran berlangsung sobat bisa dengan mudah mencerna atau nangkep apa yang dijelaskan dosen atau mahasiswa lain yang lagi presentase di depan kelas. Pokoknya baca deh berbagai referensi yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari keesokan harinya. Jangan hanya mengandalkan diktat or 1 buku aja, baca tuh banyak referensi lain di internet (toh yang diinternet itu kan diambil dari buku juga), perbanyak deh referensi sobat mengenai materi yang akan dipelajari, dengan begitu, pasti lebih menguasai materinya kan asyik tuh tinggal nelan aja yang dijelaskan dosen hehehheeh kesempatan deh waktu dosen bilang "ada pertanyaan??" maka sobat bisa menghujaninya dengan pertanyaan yang uda sobat sediain (kan keren apalagi pertanyaan sobat belum dibahas sebelumnya)

7. Kalo dikampus sobat metode pembelajaran student centered learning kayak kami (UNIMED) dimana hampir setiap memasuki mata kuliah maka yang ada adalah "presentase n presentase" maka yang sobat lakukan sama juga dengan yang point nomer 6 yaitu mempersiapkan dengan matang materi yang akan dipresentasekan. Jangan karena kelompok sobat yang lain yang presentase maka sobat jadi santai tugeder ahahha jangan yah,,tanamkan dalam diri sobat or bayangkan kalo sobatlah yang akan presentase bukan kelompok lain, anggap bahwa kalian yang akan menyajikan makalah itu. Ingat sobat, siapkan pertanyaan terkait materi yang akan mereka bawakan. Pokoknya aktif deh
8. Persiapkan diri waktu mau ujian. Makanya sejak awal sobat harus tiap hari belajarnya. "Tiada hari tanpa belajar". Tanamkan prinsip itu dalam diri sobat sehingga ketika akan mengahadapi ujian sobat uda tinggal baca-baca aja deh ga perlu menghapal setengah mati. Kan enak gitu jadinya sobat ga usa nyontek waktu ujian. Nyontek itu ga bagus loh, ga malu apa ama diri sendiri...aduh masa mahasiswa nyontek kecuali "open book", tapi sejauh yang kurasakan sih lebih enak mengisi lembar jawaban ujian itu dengan kata-kata sendiri loh dari pada kata-kata yang dibuku, dosen pun lebih senang bacanya :) (yah tapi pastinya harus nyambung donk dengan pertanyaan)
9. Rajin Olahraga. Wah apa hubungannya nih?? Ya berhubungan lah sobat gimana sih, tau ga sih dengan kita berolahraga maka hormon-hormon penghasil keenceran otak (lupa hormon apa tuh cari di net aja uda pegel nih tangan ngetik ehhehehe) maksudnya hormon yang buat otak kita jalan itu akan bekerja aktif. Dengan begitu kan kita jadi lebih fokus, ga gampang capek and selalu fit setiap hari. Sobat tau sendiri kan seberapa besar manfaat dengan berolahraga??? Wahh "la terkataken pokoke"
Rajin-rajin aja olahraga biar makin pintar :)
 10. Bersikap Sopan dan Berpakaian Rapi. Ini uda pasti, setiap mahasiswa sudah selayaknya berpakaian rapi dan bersih ke kampus, masa kayak anak SD heheheh. Berpenampilan biasa aja jangan glamor (pake make up tebel2 buat cewek nih hadeeeehhh plis deh ga gue banget hahaha) uda gitu make aksesoris dimana-mana (kalung, anting gelang 10 kilo, katanya biar modis,,,kwkwkkw capek deh) lo kuliah ape mau shopping or fashionmode?????
Jangan sepele sobat masalah yang beginian, percaya atau ngk tiap dosen itu punya angket tersendiri untuk menilai mahasiswanya makanya meskipun terlihat ga terlalu diperhatikan, maka sobat sendirilah yang intropeksi diri yah...oce sobat Shantycr7 yang pinter2 :)
Demikian sobat yang bisa aku bagikan buat sobat,.,semoga bisa dapat IPK Cum Laude yah..Oya aku pribadi sih belum dapet IPK maksimal atau sesuai keinginan :( tapi paling tidak tetap bersyukur pada Tuhan uda bisa IPK Cum Laude juga dengan IPK 3,58 hingga saat ini dan IP semester 8 (IP terakhirku) bisa sesuai dengan keinginanku selama 8 semster bisa dapet IP 4,00 hehehhe :)















Spektakuler Kan ? [[ Adhi Setia Putra Asp ]]

Labels:

0 comments:

Ayo Jangan sungkan-Sungkan Berkomentar Dikotak Bawah Ini Tapi Yang Sopan Ya No Sara-No Spam-No Anarch.Salam Spektakuler Semuanya!!!