TopBottom

What's New ?



About Me

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
Browse: Home / Tempat Dengan Suhu Terendah/Terdingin Di Dunia

Tempat Dengan Suhu Terendah/Terdingin Di Dunia

Posted by Siput Grandonx at Sunday, 15 December 2013
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

Kondisi kering dan jernih Antarktika membuat panas terpancar ke angkasa seperti mutiara.

antartikaKutub Selatan di penampang bola dunia. (Thinkstockphotos)
Tempat terdingin di Bumi berhasil diukur oleh satelit. Tempat ini terletak di jantung benua Antarktika —benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi serta sebagian besar tertutup es sepanjang tahun— dan bersuhu minus 93,2 derajat celsius.
Para peneliti mengatakan ini adalah angka sementara dan saat mereka berhasil memperbaiki data dari berbagai sensor termal ruang, kemungkinan mereka akan menentukan angka yang bahkan lebih dingin.
Rekor suhu terendah yang pernah tercatat sebelumnya yaitu minus 89,2 derajat celcius juga berada di Antartika.
"Ini adalah suhu yang sangat rendah dan sulit untuk dibayangkan," ujar Ted Scambos, pakar dari pusat data salju dan es Amerika Serikat di Boulder, Colorado. "Titik ini 50 derajat lebih dingin daripada suhu di Alaska atau Siberia, dan sekitar 30 derajat lebih dingin dari puncak Greenland."
"Hal ini membuat cuaca dingin di beberapa tempat di Amerika Utara sekarang tampak sangat jinak," katanya saat berbicara dalam forum Perserikatan Ahli Geofisika Amerika (AGU), yang merupakan ajang tahunan terbesar ilmuwan Bumi.
Seperti mutiara
Scambos dan peneliti lainnya telah memeriksa catatan data dari satelit yang mengorbit di kutub selama 30 tahun. Mereka mendapati saat-saat paling dingin di Antarktika terjadi pada bulan-bulan musim dingin yang gelap pada titik tinggi, ketika udara sangat kering sehingga memungkinkan panas terpancar sangat efisien keluar ke angkasa.
Dalam data itu terlihat bahwa tempat-tempat paling dingin "bergantungan seperti mutiara" di sepanjang pegunungan yang menghubungkan titik-titik tinggi, atau kubah, di pedalaman benua ini.
"Udara yang dingin di dekat permukaan mengalir turun karena lebih padat, dan mengalir ke dalam kantong topografi sangat dangkal," jelas Scambos. "Jika Anda berdiri di salah satu tempat-tempat ini, Anda hampir tidak bisa mengira Anda berada di topografi rendah, begitu lembut dan dangkal. Tapi itu cukup untuk menjebak udara ini."











Spektakuler Kan ? [[ Adhi Setia Putra Asp ]]

Labels: ,

0 comments:

Ayo Jangan sungkan-Sungkan Berkomentar Dikotak Bawah Ini Tapi Yang Sopan Ya No Sara-No Spam-No Anarch.Salam Spektakuler Semuanya!!!